Sejak 13 April 2020 ditetapkannya Pandemi COVID-19 sebagai bencana non-alam oleh Presiden Indonesia, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non-Alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagai Bencana Nasional. Indonesia perlahan memasuki era kebiasaan baru (New Normal), yakni: menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Kebiasaan baru ini harus diterapkan dalam berbagai aspek aktivitas sebagaimana yang dikampanyekan oleh stake holder bagi melalui media daring maupun media langsung, misalnya: bekerja, berkumpul, beribadah, belajar-mengajar, dan berolahraga.

Saran untuk beraktivitas di dalam rumah selama Pandemi COVID-19 memicu berbagai masalah, karena ketidakbiasaan menghabiskan waktu seharian berminggu-minggu dan berbulan-bulan dirumah. Namun perlahan kita semua mulai beradaptasi, karena alaminya mahluk hidup harus mampu beradaptasi. Selain itu, beberapa diantara kita sadar pentingnya mengisi aktivitas dengan hal positif seperti berolahraga. 

Tanda-tanda kamu harus melakukan olahraga:
1. Badan pegal-pegal, mudah terserang flu dan batuk.
2. Persendian ngilu.
3. Lemas/ tak bergairah.
4. Berat badan mu tambah tak ideal.
5. Pikiran buntu.

Disini kamu harus paksa diri untuk mulai berolahraga, jangan ditunda-tunda atau dipikir-pikir. Mulailah bergerak, gunakan alat-alat dirumah mu, tidak harus pergi nge-gym baru kerasa olahraga, atau harus lari-lari di treadmill. Ngga, anda ngga butuh berpikir hal-hal yang terlalu berat, karena dirumah hidup rasanya sudah berat.

Saya kasih tips berolahraga dirumah yang hemat namun efeknya sama dengan nge-gym, yakni:
1. Lakukan pemanasan/perenggangan dahulu sebelum berolahraga agar otot-otot relax dan siap untuk diajak angkat beban.
2. Ambil ember yang ada dirumah mu, bila tidak ada pinjam ke tetangga. Tidak perlu terlalu besar yang penting bisa diangkat.
3. Isilah ember mu dengan air sampai penuh, lalu lakukan angkat 3 set 15 kali (kurang jika tidak sanggup).
4. Push-up 3 set 10 kali.
5. Pull-up dikosen pintu 3 set 5 kali. Jika belum terbiasa, kurangi setnya.
6. Lakukan pukul-pukul bahu sampai ke telapak tangan, dan dari pinggang sampai ke kaki. Lakukan pukul-pukul pakai tangan sebanyak 2 kali.
7. Lompat-lompat ditempat.
8. Lari-lari ditempat.

Berolahragalah setiap hari, namun jangan sampai kelelahan karena dapat membahayakan keselamatan. Olahraga sangat baik untuk membuat tulang-tulang menjadi kokoh, otot-otot menjadi kuat, imunitas meningkat, memperlancar aliran darah, dan banyak manfaat lainnya.

Ingat, berolahraga tidak perlu ke tempat gym. Melakukan dirumah dengan peralatan-peralatan pengganti juga sama manfaatnya.

Selamat berolahraga,
Salam sehat.