Beberapa hari yang lalu sudah ada dua artikel tentang tata cara pengurusan SKCK/Kartu Kuning dan Legalitas Akreditas, maka kali ini saya akan membuat petunjuk tata cara pengurusan surat kesehatan di Rumah Sakit Haji Adam Malik, Medan - Sumatera Utara.

Pengurusan surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah dapat digunakan untuk keperluan masuk angkatan militer, polisi, kuliah, kerja dan lainnya. Disini saya hanya akan menjelaskan pengurusan surat keterangan sehat dan bebas narkotika.

Berkas yang harus dipersiapkan adalah
1. Fotocopy KTP 2 lembar
2. Biaya administrasi Rp. 101.000,- (*biaya ini khusus pemeriksaan kesehatan dan bebas narkotika. Lebih dari pada itu akan dikenakan biaya lainnya.)
# Note : Dari hasil wawancara dengan beberapa orang yang telah berpengalaman mengurus surat kesehatan, hanya di RS. HAM yang paling murah biaya administrasinya. Pelayanan memuaskan, kita diperiksa sesuai dengan prosedur pelayanan.

Dalam pengurusan surat ini tidak perlu melakukan registrasi dilantai I, cukup naik ke lantai II ruang Medical Check Up (MCU). Diruangan tersebut, pegawai/dokter akan bertanya tentang keperluan surat. Isi formulir yang diberikan sesuai dengan petunjuk pengisian yang tertempel di meja kasir. Kembalikan formulir dan lampirkan KTP sebanyak dua lembar.

Pegawai akan langsung memasukkan data kita ke dalam komputer dan selanjutnya masuk ke dalam pembayaran biaya administasi sebesar Rp. 101.000,- (*bila anda tipe pribadi yang detail, maka silahkan tanyakan kepada dokter tentang transparansi dana tersebut diatas).

Selesai pembayaran, kita akan diberikan formulir check up untuk dibawa ke laboratirum. Posisi laboratorium ada di lantai II (satu lantai dengan MCU). 

Dalam ruangan tersebut, pegawai akan memberikan wadah kecil yang telah ditempel dengan nama kita sendiri. Wadah tersebut untuk menampung air seni kita. (*isi wadah sepenuh mungkin dan kembalikan ke laboratorium).

Setelah selesai mengembalikan wadah yang berisi air seni, maka waktunya kembali ke MCU untuk melakukan tes fisik yang meliputi ukur berat badan dan tinggi badan, serta pemeriksaan mata. Setelah tahap (proses) pemeriksaan ini telah dilalui maka kembali ke kasir untuk meminta kuitansi (nota) pembayaran dan untuk hasilnya akan diberikan satu hari setelah (besoknya). Simpan nota pembayaran untuk bukti pengambilan hasil di MCU.

Demikianlah prosedur atau tata cara pengurusan surat kesehatan dan bebas narkotika di RS. HAM Medan.
Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya dan sering mencari solusi melalui google[dot]com.

Terimakasih.