Namanya Mario Teguh, motivator dengan kelas bayaran cukup eksklusif. Punya program ternama di Metro TV, apa lagi kalau bukan "Mario Teguh Golden Way'. Belakangan ini beliau lebih banyak membahas tentang 'Pasangan Hidup'. Tugasnya mengekstrak dan merekonstruksi pola pikir (mindset) dalam menata hidup, karir, keuangan, keluarga dan diri pribadi. Layaknya seorang psikolog dengan kliennya.

Banyak catatan-catatan kecil (kutipan-kutipan) beliau yang mengunggah hati dan mencerahkan, khususnya bagi kaum muda yang penuh dengan problema hubungan percintaan. Salah satu kutipan beliau yang sering direpost anak muda dalam jejaring sosial adalah "Pria sukses merupakan pria yang mampu membuat wanitanya bahagia".

Sadar tidak sadar, motivasi ini ibarat alat pembersih. Tugasnya membersihkan debu-debu yang melekat, agar lebih indah dan bersih. Jika kondisi bersih, hidup lebih nyaman dan tenang. Untuk beraktivitas juga lebih lega dan segar.

Motivasi memiliki titik fokus serangan, yang berujung pada meningkatkan daya tarik dan semangat. Ia menyerang satu titik dalam otak kita yang bermasalah. Mengapa kita takut pada ketinggian, takut pada gelap, takut tidak bisa dan acap kali mundur dari sebuah kompetisi karena takut malu serta gemetar bila berdiri menampilkan kemampuan dihadapan banyak orang.

Itu semua karena mindset kita belum diatur. Semua ada dalam otak kita. 

Masa kecil yang kerap kali ditakut-takuti oleh orangtua kita saat hendak bermain membuat kita terbiasa dengan pola tersebut dan mengajarkannya kembali secara tidak sadar kepada anak kecil lainnya. Hal tersebut merupakan bentuk pengaturan otak yang tidak baik.

Mari sejenak kita melihat para hipnoterapis dalam program-program pertelevisian. Uya Kuya dalam acara salah satu siaran televisi, menampilkan Raffi Ahmad yang memiliki fobia pada buah rambutan. Secara sadar, Raffi akan menampilkan bahasa tubuh penuh ketakutan, lari menjauh dari buah rambutan. Dalam penampilan tersebut, Uya Kuya menghipnotis Raffi (menjadi tidak sadar/alam bawah sadar) untuk menjadikan buah rambutan sebuah benda lucu yang menggelikan dan sayang untuk dimakan.

That's it !!!

Hipnotis dan motivasi punya titik serang, yaitu otak.
Perasaan malas, takut, bimbang, tidak berani dan rendah diri diatur oleh otak kita. So, mari kita lihat. Sebanyak-banyaknya kita mendengarkan motivasi dari Mario Teguh baik langsung maupun tidak langsung (melalui televisi), jika kita tetap memiliki mindset rendah diri dan tidak berarti, maka motivasi tersebut akan berlalu.

So, apa yang harus kita lakukan untuk menjadi pribadi yang berarti?
Duduk dalam kamar sendirian, tutup mata, hirup dan hela nafas hingga benar-benar relaks. Mulai pikirkan bahwa kita terlahir hidup ke dunia ini karena sesuatu tugas dan rencana Tuhan. Hidup kita memang berbeda dengan orang lain dengan tujuan Tuhan untuk saling melengkapi kelebihan dan menutup kekurangan. Fokus pada kelebihan-kelebihan yang pernah kita gunakan untuk membantu sesama, betapa berharganya kita. Pikirkan banyaknya kesempatan yang kita lepaskan karena rasa takut untuk mencoba.

Buka mata dan mulailah untuk :
  • Memikirkan apa yang kita bisa kerjakan kedepan.
  • Catat dalam buku hal-hal yang menjadi kelebihan/kelemahan kita.
  • Stop untuk terbiasa dengan memikirkan 'tidak bisa', tapi mulailah memikirkan untuk 'berani mencoba'.
  • Jika tidak bisa, maka pikirkan hal-hal yang membuat kita menjadi bisa (misal : membaca, ikut pelatihan, tukar pikiran (sharing) dengan yang berpengalaman, aktif dalam setiap kegiatan)
  • Percaya bahwa kita bisa hingga saat ini bukan karena kekuatan kita sendiri, tetapi karena Tuhan juga hadir memampukan kita.
  • Bersyukur selalu setiap saat, suka-duka, susah-senang, karena semua yang kita terima adalah anugerah dan karunia Tuhan.
  • Tersenyumlah menyambut hari-hari.
  • Stop untuk memikirkan harta orang lain, karena itu wujud rasa tidak bersyukur dengan kemampuan yang sudah Tuhan beri.
  • Jadikan keberhasilan oranglain menjadi motivasi diri kita, bahwa kita juga memiliki kesempatan dan kemampuan yang sama.
Mari atur cara kita mengambil sikap dan berpikir. Semua perasaan dan pemikiran  ada dalam pengaturan otak kita. Kita bisa berhasil dalam percintaan, pekerjaan, keuangan dan masa depan bila kita mampu mengatur cara pandang kita yang positif. Ambil sikap tegap bagi pria yang siap membangun diri demi masa depan dan ambil sikap anggun bagi wanita yang siap meniti karir dan rumah tangga.

Motivasi dari luar hanya berperan sedikit dalam diri kita, mengapa?
:: karena, hari ini anda mendengar ... besok lupa lagi.


So, let's to listening. Hidup ini enteng, bila kita punya cara pandang yang positif.
Mari atur otak kita agar lebih positif, optimis dan bergairah setiap pagi.