Jika ada anak bertanya, bagaimana caranya belajar yang benar?
Hari ini di DAAITV seperti biasa ada program 'Parenting Skill' setiap minggu sore. Dalam program acara ini, anak-anak dan seorang wali/orang tua duduk terpisah. Orangtua duduk ditempat orangtua dan anak-anak duduk bersama anak-anak lainnya. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa nyaman kepada anak-anak saat proses tanya jawab antara host dan anak-anak.
Seorang host memoderasi acara dengan narasumber yang tentunya expert dalam permasalahan anak sehari-hari. Anak suka berkelahi, rebutan mainan, takut pada orangtua hingga masalah anak lainnya yang membuat orangtua kewalahan.
Hari ini inti dari program acara tersebut ialah Efektitvitas dan Efisiensi Belajar pada Anak.
Hal yang menjadi perhatian saya ialah tidur sebagai salah satu sarana belajar pada anak.
'kok bisa?', pikir ku.
Sejenak pikiran ku melayang pada sumber informasi dari Jepang. Salah satu sekolah di Jepang memberikan waktu kepada anak untuk tidur pada jam istirahat.
Ternyata ada proses mengingat jangka pendek dan jangka panjang. Mengingat dalam jangka pendek ialah proses belajar (membaca dan memahami). Mengingat dalam jangka panjang diproses pada saat anak tidur.
Narasumber menjelaskan, 30 menit sebelum tidur anak harus belajar dan pada saat tidur proses mengingat jangka panjang dimulai. How can it be true?
Let's to remember thing about 'Belajar Sebelum Tidur'. Hasilnya kita mampu mengingat hal-hal yang kita pelajari semalam. Ini ilmiah dan telah dibuktikan oleh orang-orang pintar yang sukses memperoleh nilai terbaik.
Anak-anak juga pada saat disekolah harus menggunakan masa jam istirahat untuk benar-benar merelekskan otak dengan bermain dan berkumpul dengan teman-temannya agar bila kembali masuk otak siap menerima pelajaran berikutnya.
Langkah-langkah yang harus dilakukan anak dalam belajar, yaitu:
1. Sebelum belajar minumlai air putih, karena otak butuh cairan. Dengan begitu saat belajar kinerja otak dapat maksimal. Hindari minum susu atau minuman selain air putih, karena kandungan susu dapat membuat otak lelah dan mudah ngantuk.
2. Belajarlah selama 30 menit sebelum tidur. Pelajari materi-materi yang akan dipelajari esok. Maksimalkan waktu yang singkat untuk mempelajari dan mengulang-ulang pelajaran yang telah kita pelajari.
3. Tidurlah tepat waktu, antara pukul 21.00 s/d 22.00 WIB. Tidur lebih awal untuk bangun lebih awal. Tubuh yang telah relaks akan bangun dengan sendirinya. Pada selama proses tidur, bagian dari otak (ingatan jangka panjang) sedang bekerja. Disinilah yang menjadi focus point perhatian saya dan ini bekerja.
4. Maksimalkan jam istirahat sekolah untuk benar-benar beristirahat, agar otak relaks dan siap menerima pelajaran selanjutnya. Jika kamu ngantuk maka tidurlah.
Jika diperhatikan, langkah-langkah ini bukan hanya untuk kategori anak saja namun orang dewasa juga bisa. Let's to try at home. ‪#‎Easy‬ and‪#‎Simple‬